Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung, Pentingnya olahraga bagi pengidap penyakit jantung untuk mempercepat penyembuhan penyakit jantung!.Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung

Berikut adalah jenis olahraga yang baik untuk penderita jantung adalah latihan aerobic, seperti senam, jalan, lari, naik sepeda, melakukan pekerjaan rumah tangga dan sebagainya. Namun demikian setiap olahraga memerlukan format atau aturan. Sebelum latihan diwali dengan pemanasan dan diakhirai dengan pendingianan.

Di bawah ini ada contoh bentuk latihan program jalan kaki yang dimodifikasi oleh dr. Knneth Cooper yang telah dipakai oleh Klub Jantung Sehat sejak 1978. Setidaknya mereka yang melakukannya dapat mempertahankan tingkat kebugaran jasmaninya dengan melakukan program latihan ini.

Olahraga Yang Baik Untuk Penyakit Jantung:

  • Jalan kaki, 6,4 km dalam waktu 55 – 60 menit, 4 x seminggu.
  • Jogging, 4,8 km dalam waktu 28 – 30 menit, 2 -3 x seminggu.
  • Lari 2,4 km dalam waktu 12 -15 menit, 2 x seminggu.

Secara garis besar format olahraga yang harus dipenuhi yaitu FIT. Kata FIT berarti segar atau bugar, disamping merupakan singkatan dari : F-Frekuensai, IIntensitas dan T-Tempo.

Yang dimaksud frekuensi adalah berapa kali seminggu olahraga dilakukan agar memberi efek latihan. Menurut penelitian menunjukkan frekuensi latihan minimal 3 kali seminggu pada hari yang bergantian artinya selang hari. Ini dikarenakan bahwa tubuh memerlukan pemulihan selesai berolahaga sehingga otot dan persendian diberi kesempatan untuk memulihkan diri.

Intensitas mengandung arti berat beban latihan yang diberikan tidak mengakibtkan efek yang membahayakan. Reaksi denyut jantung yang timbul dapat dipakai sebagai cermindari reaksi pembebanan. Beban yang dapat diterima oleh jantung berkisar antara 60-80 % dari kekuatan maksimal jantung. Beban seberat itu bias dijabarkan dengan denyut jantung antara 70-85 % dari denyut nadi maksimal.

Tempo latihan mengandung arti jangka waktu atau lamanya latihan yang diberikan agar memberikan manfaat. Lama latihan antara 20-30 menit sudah cukup memberikan kenaikan kemampuan sebanyak 35 % bila dilakukan 3 kali dalam seminggu dalam jangka waktu satu setengah bulan. Maka latihan-latihan yang serupa selama 6 bulan akan menghasilkan peningkatan kemampuan sampai optimal.

KESIMPULAN

  • Dengan melakukan aktifitas fisik yaitu berolahraga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung karena gaya hidup yang tidak baik seperti merokok ditambah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kegemukan secara fisik akan beresiko dua kali lebih besar terkena serangan jantung.
  • Dengan berolahraga 30 menit tiap hari dapat memperbaiki kesehatan jantung dan memberi manfaat efektif bagi kesehatan. Lama-kelamaan ini akan menjadi kebiasaan yang sulit dirubah dan menjadi gaya hidup aktif seseorang.
  • Tidak memerlukan waktu banyak untuk menjadi bugar. Misalnya jalan pagi, lari, bersepeda, melakukan aktifitas rumah tangga, dan sebagainya.

Nah itu dia informasi jenis olahraga yang baik untuk penyakit jantung, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: Obat Herbal Jantung Koroner Herbal Tanpa Operasi

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *