Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner (PJK) >> Khasiat Daun Berenuk Untuk Mengobati Jantung Koroner, Simak Selengkapnya Disini!

Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Mengenal Tanaman Berenuk

Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner, Berenuk termasuk ke dalam kingdom Plantae (tumbuhan), subkingdom Tracheo-bionta (tumbuhan berpembuluh), superdivisi Spermatophyta (tumbuhan berbiji), divisi Magnoliophyta (tumbuhan berbunga), subdivisi Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup), kelas Magnoliopsida (dikotil), subkelas Asteridae, ordo Scrophulariales, famili Bignoniaceae, genus Crescentia, dengan nama spesiesnya adalah Crescentia cujete Linn. Buah ini mudah dijumpai, umumnya buah ini hanya dijadikan produk rumah tangga seperti pembuatan alat-alat rumah tangga dari kulit buah dan batang. Berenuk mudah dijumpai di daerah tropis. Tanaman ini termasuk tanaman perdu dengan tinggi sekitar 6-10 m, berdaun hijau sepanjang tahun, dan memiliki kayu yang kuat dengan warna putih kehitaman.

Kandungan Daging Buah Dan Daun Berenuk

Kandungan kimia daging buah dan daun berenuk yang telah dilaporkan antara lain alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, polifenol, vitamin A, C, E, niasin, riboflavin, thiamin, karbohidrat, dan mineral-mineral yang mencakup natrium, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Sementara itu, bagian kulit, batang, dan akarnya mengandung saponin dan polifenol (Ogbuagu 2008).

Manfaat Tanaman Berenuk

Berenuk berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit sehingga sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Batang, daun, buah, dan akarnya sering digunakan sebagai obat pencahar, diare, obat diuretik, otitis, analgesik, dan antiinflamasi (Morton 1981, Michael 2004). Pulpnya bila dicampur dengan daun Lignum vitae telah digunakan untuk pengobatan diabetes. Pulpnya yang belum matang juga telah digunakan untuk penyembuhan sakit kepala, batuk, pneumonia, antipiretik, dan pencahar.

Manfaat Daun Berenuk Untuk Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Menurut penelitian terbaru kandungan zat dalam daun berenuk dapat mengobati penyakit jantung coroner dengan menurunkan risiko pembentukkan aterosklerosis. (Breinholt, et all. 1999). Aplikasi penggunaan daun berenuk untuk mengobati penyakit jantung koroner salah satunya dengan melakukan ekstraksi daun. Kandungan yang ditemukan dari hasil ekstraksi daun berenuk antara lain, cardiac glycosides, flavonoid, tannin, dan saponin. flavonoid yang didapatkan dari hasil ekstraksi daun memiliki banyak jenis, yaitu quercetin, apigenin, dan napthoquinon. apigenin inilah yang banyak ditemukan dalam ekstrak daun berenuk (Crescentia cujete) dan dapat menjadi terapi bagi penyakit jantung koroner. (Erwin J.2000). Menurut hasil penelitian, apigenin yang dihasilkan dari ekstrak daun berenuk (Cescentia cujete) dapat menginduksi GST yang dapat melawan agen kardiotoksik (Breinholt, 1999). Apigenin juga dapat menghambat LOX-1 sehingga membuat suatu keadaan sitoprotektif pada permukaan sel endotel. Keadaan ini akan membuat reseptor LOX-1 tidak akan bisa berikatan dengan oxLDL sehingga mekanisme ROS intraseluler tidak akan berlangsung dan plak aterosklerosis tidak akan terbentuk (Chung,2010). Apigenin juga dapat menghambat sitokin proinflamasi sehingga menyebabkan ukuran lesi plak aterosklerosis berkurang dan akan terjadi reperfusi jaringan pada otot jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung koroner.(Matthew, 2011).

Kebutuhan obat herbal terutama untuk penyakit jantung koroner pasti akan meningkat karena prevalensi jantung koroner yang semakin meningkat dan efek samping dari farmakoterapi PJK yang ada saat ini. Oleh karena itu, keberadaan tanaman berenuk (Crescentia cujete) yang sangat melimpah harus dimanfaatkan dengan baik. (Hakim dkk 2007). Alasan utamanya bahwa tanaman ini mudah didapat, mudah diolah, berkhasiat tinggi, dan minim efek samping sehingga penelitian ini harus dilakukan untuk mengungkap potensi ekstrak daun berenuk (Crescentia cujete) terhadap terapi alternatif penyakit jantung coroner dengan menurunkan pembentukkan aterosklerosis.

Kandungan Apigenin Pada Daun Berenuk

Apigenin adalah suatu zat aktif yang ditemukan sangat berlimpah pada daun berenuk (Crescentia cujete). Apigenin sendiri berasal dari proses ekstraksi daun berenuk yang banyak ditemukan di Indonesia. Penggunaan apigenin dinilai sangat mudah diterapkan di Indonesia mengingat Indonesia merupakan salah satu Negara yang menghasilkan berenuk (Crescentia cujete) tersebar pada setiap daerah di Indonesia, walaupun biasanya keberadaan buah ini tidak dipedulikan oleh masyarakat karena masyrakat belum mengetahui khasiat dari buah berenuk (Crescentia cujete). Apabila hal ini dapat dikembangkan dengan baik akan memaksimalkan potensi berenuk (Crescentia cujete) yang dahulu dianggap masyarakat sebagai tanaman tidak berguna karena belum terungkap manfaatnya

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa apigenin mempunyai pengaruh antioksidan yang kuat (Brith, D.F 1997). Peran apigenin dalam dunia kesehatan saat ini terbilang sangat potensial dan menjanjikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ching chow cen, apigenin yang terdapat di dalam berenuk (Crescentia cujete) mempunyai kemampuan mengurangi insiden penyakit jantung koroner dan infark miokard (Ching Chow Chen, 2004). Selain itu, apigenin merupakan suatu flavon yang potensial untuk diterapkan dalam dunia kesehatan khsususnya sebagai agen kuratif dan preventif pada penyakit penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *